Healthcare Terbaru

Berikan Layanan Kesehatan Gratis Pasca Banjir Katingan, PT.Rimba Makmur Utama Gelar Posyandu Terapung Di Lima Desa

68 Views

Katingan | Maliqnews.com – Guna memberikan layanan kesehatan pasca bencana banjir yang skalanya cukup besar yang sempat melanda wilayah Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah, PT.Rimba Makmur Utama (PT.RMU) menggelar kegiatan Posyandu Terapung dan Penanganan Kesehatan bagi warga yang daerahnya terdampak banjir.

Kegiatan yang dilaksanakan PT.Rimba Makmur Utama (PT.RMU) bersama dengan Tenaga Kesehatan Puskesmas Kecamatan dan Kader Posyandu desa setempat ini selain untuk memberikan pelayanan kesehatan rutin kepada warga juga untuk mengobati berbagai penyakit yang biasanya berpotensi muncul setelah terjadinya bencana banjir.

Hal ini disampaikan Spesialis Kesehatan Masyarakat Pemberdayaan Masyarakat Desa Hutan (PMDH) PT.Rimba Makmur Utama (PT.RMU) Bellini Simangunsong kepada maliqnews.com, Senin (4/10/2021).

Ia mengatakan Posyandu Terapung yang memberikan layanan kesehatan bagi lansia dan dewasa ini dilakukan 2 kali setahun, per enam bulan sekali dan pada pelaksanaan kali ini bertepatan dengan pasca bencana banjir.

“Pemeriksaan kesehatan gratis di Posyandu Terapung pasca bencana banjir bagi warga terdampak ini kami laksanakan selama 5 hari, dari tanggal 24 September hingga tanggal 2 Oktober 2021 di 5 desa yaitu Desa Galinggang, Desa Tampelas dan Desa Telaga di wilayah Kecamatan Kamipang dan Desa Tumbang Bulan serta Desa Perigi di wilayah Kecamatan Mendawai Kabupaten Katingan”, ucap Bellini.

Ia menjelaskan, saat Posyandu Terapung dilaksanakan pihaknya melakukan pemeriksaan kesehatan seperti biasa seperti pemeriksaan asam urat, kolesterol, dan cek gula darah tergantung permintaan warga yang mengikuti pemeriksaan.

“Namun apabila ada keluhan kesehatan yang lain, warga bisa mengkonsultasikannya langsung dengan dokter atau tenaga kesehatan yang melakukan pemeriksaan, nanti dokternya yang meresepkan obat”, imbuhnya.

Menurut Bellini keluhan yang banyak dijumpai saat pemeriksaan adalah masalah kolesterol dan penyakit pasca banjir yang dikeluhkan warga adalah diare dan gatal gatal.

“Selama kegiatan permukaan air sudah surut di 3 desa, namun di Desa Telaga air masih menggenangi jalan utama dan di Desa Tumbang Bulan banjir masih terjadi dan menggenangi rumah warga sehingga pelaksanaan Pemeriksaan Kesehatan Posyandu Terapung dilakukan di Posko Penanganan Banjir desa setempat”, pungkasnya.

(Tomi spt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *