Ekonomi

Harga Bawang Merah Draktis Melonjak, Para Ibu Memincak – Mincak

74 Views

Maliqnews.com | Aceh Timur – Baru saja harga cabai merah cukup tinggi harganya menembus angka Rp:1,15000,-/ kelogram, kini giliran harga bawang merah Draktis naik hingga mencapai Rp:70 ribuan/kelogramnya.

Tragedi kenaikan harga bawang merah ini terpantau langsung oleh media MaliqNews di pajak sayur dan rempah – rempah Labuhan Keude, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur.
Jum’at, ( 24/06/2022 ).

Syarifah, salah satu pedagang kaki lima labuhan Keude ketika di komfirmasi oleh Media ini mengatakan, “kenaikan harga cabai merah sampai sekarang belum ada penurunan harga, kini terbentur lagi dengan melonjaknya harga bawang merah, habislah kita,” sebut Syarifah.

Memang tambahnya,
kenaikan harga bawang merah tersebut sudah satu bulan yang lalu, tapi kali ini kenaikan harganya luar biasa, dari Rp: 50 ribu menjadi Rp: 70 /kelogramnya. Jauh hari sebelumnya masih sekitar 30 sampai 35/kelonya,
Ucap Syarifah.

Kemudian di tempat yang sama, “Fio” juga selaku pedagang kecil kaki lima membenarkan, bawang merah yang naik itu jenis bawang merah kampung yang kecil – kecil, tapi kalau bawang merah bombai harganya masih sekitar Rp:24000,-/kg. Karena bawang bombai kurang peminatnya kata “Fio”

Masih di tempat yang sama, salah satu pedagang yang lainnya ikut komentar, akibat naiknya harga bawang merah, sehingga persediaannya kurang. Faktor utama karena mahal, faktor kedua takut busuk. Oleh karena itu persediaan bawang merah kecil di kios kami kurang, cetusnya.

Di tempat terpisah, salah satu ibu rumah tangga, Surianum saat di temui oleh media MaliqNews
Menyebutkan, semenjak merakitnya harga bawang merah, kami para ibu – ibu merasa bingung. Dengan uang belanja Rp:50,000,- hanya dapat barang sak util.

Apa lagi lebaran sudah di ambang pintu, sementara kebutuhan belanja dapur sangat penting, belum lagi kebutuhan yang lainnya. Nah, jika bagi kami yang penghasilan kecil atau pas Pasan, maka bagai mana….???.

Oleh karena itu pintanya,
Demi kelancaran ekonomi para wong kecil, mohon kepada pihak yang terkait agar menstabilkan harga bahan pokok sehari – hari, ungkapnya.

Penulis : Isa.Ismail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.