Populer

Pengamat Pesimis Partai Demokrat Bisa Jadi Kuda Hitam di Pemilu dan Pilpres 2024

158 Views

MaliqNews.Com | JAKARTA – Direktur Rumah Politik Indonesia, Fernando Emas menilai sangat sulit bagi Partai Demokrat bisa menjadi ‘kuda hitam’ dalam Pemilu dan Pilpres 2024.

Menurutnya, menjadi kuda hitam seperti yang disampaikan oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hanya akan menjadi mimpi karena melihat fakta yang terjadi belakangan ini di internal Partai Demokrat.

“Belakangan banyak kader yang mundur pascamusyawarah daerah Partai Demokrat seperti di Riau, NTT dan DKI Jakarta bahkan kemungkinan masih akan terjadi lagi di beberapa daerah pascamusyawarah cabang yang dilaksanakan di ratusan Kabupaten/Kota,” kata Fernando Emas dalam keterangan tertulis, Selasa (8/2/2022).

Namun, kata dia ada peluang Partai Demokrat dan capres yang akan diusung Partai Demokrat akan menjadi kuda hitam pada pemilu dan pilpres 2024 yang akan datang.

“Saya melihat peluang itu apabila Moeldoko berhasil memimpin Partai Demokrat dan mencalonkan sebagai capres pada pemilu dan pilpres 2024,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono meminta kadernya tidak bersikap jumawa dalam menyongsong Pemilu di 2024 dan meminta Demokrat lebih baik menjadi ‘kuda hitam’ yang tidak diperhitungkan tapi bisa menang.

Hal ini disampaikan AHY di hadapan ratusan kader Demokrat anggota DPRD provinsi dan kabupaten/kota untuk mengikuti acara bimbingan teknis pada Kamis (3/2/2022) malam.

“Jangan merasa hebat dan merasa kita sudah segala-galanya, lebih baik kita anggap diri kita itu sebagai ‘kuda hitam’, ” ujar AHY, dikutip dari Acara Kompas Petang KompasTv, Sabtu (5/2/2022).

“‘Kuda Hitam’ itu artinya mungkin tidak terlalu diperhitungkan tetapi diam-diam dengan keteguhan, dengan ikhtiarnya kita bisa berlari kencang,” tambah AHY.

PKB memberi respons terkait pernyataan AHY terkait politik kuda hitam partai Demokrat menjelang pemilihan 2024.

PKB memberi respons terkait pernyataan AHY terkait politik kuda hitam partai Demokrat menjelang pemilihan 2024.

(RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.